Fungsi Anemometer



Anemometer adalah suatu instrumen yang mengukur kecepatan angin dan tekanan angin. Anemometers adalah alat penting untuk Meteorologi, yang belajar pola cuaca. Mereka juga penting untuk pekerjaan fisikawan, yang belajar cara udara bergerak.

Jenis yang paling umum dari anemometer memiliki tiga atau empat cangkir melekat pada lengan horizontal. Lengan yang melekat batang vertikal. Seperti angin bertiup, cangkir memutar, membuat putaran batang. Semakin kuat angin bertiup, semakin cepat batang berputar. Anemometer menghitung jumlah rotasi, atau bergantian, yang digunakan untuk menghitung kecepatan angin. Karena kecepatan angin tidak konsisten — ada hembusan dan ketenangan-kecepatan angin biasanya adalah rata-rata selama jangka waktu yang singkat.
Kecepatan angin juga dapat ditentukan dengan mengukur tekanan udara. (Tekanan udara itu sendiri adalah diukur oleh alat yang disebut barometer.) Menggunakan anemometer tabung tekanan udara untuk menentukan tekanan angin, atau kecepatan. Anemometer tabung mengukur tekanan udara di dalam tabung gelas yang tertutup di salah satu ujung. Dengan membandingkan tekanan udara di dalam tabung untuk tekanan udara luar tabung, kecepatan angin dapat dihitung.

Anemometers lain bekerja dengan mengukur kecepatan gelombang suara atau oleh bersinar sinar laser pada partikel kecil dalam angin dan mengukur efek mereka.
Penggunaan Anemometers

Anemometers digunakan di hampir semua stasiun cuaca, dari Arktik dingin hingga hangat daerah ekuatornya. Kecepatan angin membantu menunjukkan perubahan dalam pola cuaca, seperti badai mendekat, yang penting untuk pilot, insinyur, dan iklim.

UNTUK PEMESANAN SILAHKAN KLIK DISINI : http://www.alatlabor.com/kategori/44/anemometer

0 Comment "Fungsi Anemometer"

Posting Komentar

Thank you for your comments